Sabtu, 07 Maret 2009

Kaitan Antara Bau Badan Dan Jatuh Cinta.......

Huuaacchh....udah lama kagakz apdet my belog. sibuk banged minggu2 ini, tnyata semester 2 tugasnyamenggunung, susah meluangkan waktu buat nyanTAI. mulai dari SKI, writing, structure, ampe FIsmuanya ada tugasnya, n harus diselesein dalam 1 minggu doank, gile bangeddd...

okeh2 kali ini bukan tentang komputer, jadi cewe2 bakalan doyan mantengin postingan yang satu ini.

well, sebelum saya membagi ilmu, awak mau tanya dolo. sebenernya apa sih yang membuat kita jatuhcinta kepada seseorang?

jawabanya:
1. menurut agama, Tuhan yang memberi kita fitrah jatuh cinta tersebut, jadi yang menentukan dan memberi rasa ketertarikan kita pada doi adalah Tuhan YME.


2. menurut nafsu manusia, kelebihan fisik doi yang menyebabkan kita tertarik padanya. tul kan? ato mungkin bisa personality dan lain2, pokoknya sesuai dngan kriteria kita.

sebenrnya kedua jawaban tersebut ga salah, tetapi....ada tetapinya loh...misalnya kita ntu awalnya kagak ada rasa sama seseorang, tetapi dia selalu deket deket ma kita tiap ari, n lama2 koq kita bisa suka ma dia yah????bagemana jawabanya????

ada pepatah mengatakan "cinta ada karena terbiasa", lalu, terbiasa apanya????

huahahaha, bang WEN punya jawabanyya. ini bukan hasil googling loh, ini murni jawaban seorangahli biology yang notabene kakakz senior saya di SMA dolo...

ini tidak lain dikarenakan FEROMON...okeh kagakz usa banyak bacotz, let`s cekidot....

Secara ilmiah, perasaan cinta dan kasih sayang yang timbul antara dua orang yang berlainan jenistidak terlepas dari peranan senyawa senyawa kimia yang membentuk rasa cinta diantara keduanya.Salah satu senyawanya adalah senyawa FEROMON.

Istilah feromon(pheromone) berasal dari bahasa yunani yaitu phero yang artinya "pembawa" danmone yang artinya "sensasi". Senyawa feromon sendiri didefinisikan sebagai suatu subtansi kimiayang berasal dari kelenjar endokrin dan digunakan oleh makhluk hidup(semua jenis) untuk mengenalisesama jenis, lain jenis, kelompok, dan membantu proses reproduksi.

Feromon pertama kalinya ditemukan oleh seorang Jerman yang bernama Adolph Butenandt. Ilmuwanyang juga menemukan hormon seks pada manusia yaitu estrogen, progesteron dan testoteron. Ketikapertama kali ditemukan pada serangga, komunikasi dengan feromon banyak dikaitkan dengan fungsireproduksi serangga. Para ilmuwan mula mula melihat feromon adalah sebagai padanannya "parfum"di dunia manusia.

Fenomena feromon sebagai bentuk komunikasi pada serangga lama - lama mulai dicoba diterapkandalam kehidupan manusia sehari - hari. Terutama sejak ditemukan bahwa feromon juga dihasilkanoleh kelenjar di tubuh manusia. Dan yang paling penting, bisa mempengaruhi hormon2 pada tubuh(terutama Otak) manusia lainnya. Contoh paling mudah ialah "Bau Badans".

lepas dari bau badan yang menyengat hingga membuad orang pergi menjauh, setiap manusia punyabau khas yang menjadi ciri khas dari dirinya. Para ilmuwan menganalogikan bahwa bau badan ituseperti sidik jari. kita masing2 punya bau khas sendiri2 dan berbeda dengan manusia lainnya.dengan demikian feromon yang dihasilkan manusia, di masa depan bisa jadi salah satu identitas diri.

Feromon ternyata bisa menjadi daya tarik seksual. Para ahli kimia dari Huddinge University hospitaldi Sweden malah mengklaim bahwa feromon juga punya andil dalam menghasilkan perasaan suka, naksir,cinta, bahkan gairah seksual seseorang manusia pada manusia lainnya.
hal ini mereka buktikan saat melakukan penelitian terhadap reaksi otak 12 pasang pria-wanitasehabis mencium bau senyawa sintetik mirip feromon. Bebauan tersebut langsung bereaksi terhadaphormon estrogen(wanita) dan hormon testoteron(pria). Jadi, ketertarikan manusia pada manusialain, baik itu hubungan cinta, gairah seksual, mupun dalam memilih teman, juga didasari olehbau feromon yang dihasilkan manusia.


Senyawa feromon pada manusia terutama dihasilkan oleh kelenjar endokrin pada ketiakz, wajah(telinga,hidung,mulut), kulit, dan (maaf) kemaluan. dan akan aktif apabila yang bersangkutantelah baligh.

sifat2 feromon adalah tidak dapat dilihat oleh mata, volatil(mudah menguap), tidak dapat diukur,tetapi ada dan dirasakan oleh setiap manusia.Senyawa feromon ini biasa dikeluarkan pada saat kitaberkeringat, berfikir, dan pada saat paling rileks. senyawa ini hanya dapat bertahan pada sifataslinya jika diserap oleh pakaian jenis katun. bahan polyster dll akan merusaknya.(dan keadaaninilah yang menyebabkan bau badan kita ga enak banged)nah sekarang anda tau kan napa kalo kitapake baju non katun, bau badan kita "mantap" banged? n hal tsebut malah membuat ilfil lawan jenis.intinya jika kita berkeringat atau berpikir keras, jangan pake baju2 non KATUN.

Senyawa feromon dapat menimbulkan rasa ketertarikan antara dua orang berlainan jenis dengan bekerjalayaknya pemicu/inisiator dalam reaksi2 kimia. Prosesnya adalah ketika dua orang berdekatan danbertatapan mata, maka kita berada dalam rasa ketegangan yang luar biasa, dan dalam keadaan tersebut,kita mengeluarkan senyawa feromon ribuan kali lebih intens dari keadaan biasa, feromon yang sangat besartersebut lalu tercium oleh organ tubuh yang paling sensitif, yaitu vomeronasalorgan (VNO). yaituorgan dalam lubang hidung yang mempunyai kepekaan ribuan kali lebih peka daripada indera penciumanbiasa kita(bahkan lebih peka dari indera penciuman seekor anjing). Organ VNO ini terhubung denganhipotalamus pada bagian tengah otak melalui jaringan - jaringan syaraf.

seperti yang kita tahu bahwa hipotalamus inilah yang mengatur emosi manusia agar memberikan tanggapan.dan tanpa menunggu lama, setiap sepersepuluh ribu detik, maka akan ada respon dari otakz melalui perubahan2 pada tubuh manusia, seperti perubahan denyut jantung, pernafasan, temperatur tubuh, NAFSU,peningkatan kelenjar hormon, serta kinerja hormon tersebut.

Pada dasarnya proses pemberian respon dari hipotalamus untuk melakukan perubahan psikologisemosi saat berdekatan dengan orang yang dikasihi tidaklah sesederhana yang dibayangkan. Disinisetelah senyawa feromon berindak sebagai inisiator, maka selanjutnya hipotalamus akan merangsangpembentukan senyawa2 kimia lain, yaitu senyawa phenyletilamine (PEA), dopamine, nenophinephrine,endropin, dan oksitoksin. Senyawa2 inipun bertindak sesuai perannya masing - masing.

Senyawa PEA, dopamine, dan nenophinepherine memberikan respon tersipu atau malu ketika berpandangandengan doi.
senyawa endropin akan memberikan perasaan damai dan tentram, intinya membuat nyaman sang lawanjenis.(senyawa ini yang paling dominan memikat lawan jenis yang belum dikenal sebelumnya).


senyawa oksitoksin berperan dalam membuat rasa cinta, rukun, dan mesra diantara keduanya.
Seperti yang tertulis di majalah National Geographic indonesia, edisi februari 2006(silahkandilihat sendiri), hasil penelitian Hlen Fisher dkk, menyebutkan bahwa ketika seseorang memandangkekasih hatinya, dopamin akan merangsang bagian ventral tegmental dan caudate nucleus di otakmenyala. dalam dosis yang tepat dopamin menciptakan kekuatan, kegembiraan, konsentrasi, sertadorongan yang kuat untuk memberikan imbalan. Itulah sebabnya mengapa jatuh cinta dapat membuatmakan tak enak, tidur tak nyeyakz.


Dan ini hal yang sangat penting sodara2.ternyata, karakteristik bau dari feromon seorang wanita, hampir identik(sama) dengan bau parfumstandar(original), jadi parfum adalah senyawa sintetis tiruan dari feromon wanita. jika anda(wanita)jomblo, maka banyak2lah memakai parfum, sebab parfum akan memperkuat feromon anda agar tercium olehorgan VNO pria.

keadaan Pria malah terbalik, bau feromon pria malah akan rusak jika sang pria tersebut memakaiparfum, organ VNO wanita akan mendeteksi parfum tersebut sebagai feromon wanita, sehingga si wanitatidak akan tertarik dengan anda, sebanyak apapun parfum yang anda pakai. itulah mengapa wanitarata2 tidak suka cowo yang terlalu rapi dan wangi.

well, setelah membaca uraian diatas kita dapat menyimpulkan bahwa:

1. senyawa feromon memicu seseorang untuk tertarik pada seseorang.

2. kekuatan feromon tiap orang tidak sama, tergantung garis keturunan.

3. bersikap rileks membuat tubuh kita terpacu untuk meningkatkan ekskresi(pengeluaran)
feromon.

4. kekuatan feromon wanita dapat ditingkatkan dengan cara memakai parfum.

5. feromon pria akan maksimal jika tidak memakai bebauan apapun.

6. bahan pakaian non katun akan merusak subtansi feromon.

7. Organ VNO bekerja maksimal pada keadaan tidak flu.



sooo, jika anda jomblo, saya bisa mensarankan untuk....

1. jika anda cewe, pakai parfum sebanyaknya, kalo perlu sebotol, huahahahaha(canda), pakailah secukupnya, sebab subtansi parfum akan menguatkan feromon anda, sehingga Organ VNO pria akan mencium lebih intens, dan pada akhirnya, seseorang akan tertarik pada anda.

2. untuk cowo, ga usah pake parfum, VNO cewe sangat peka, mereka hanya bisa merasakan feromon dengan bau asli. jadi anda ga usah mandi2 segala untuk menarik cewe,wakakakakak(eh beneran loh).

3. pakai pakaian katun, sbab bahan ini akan menahan senyawa feromon hasil ekskresi tubuh anda, so semakin banyak yang terkumpul, semakin besar peluang anda menarik pasangan,hehehe. setelah terkumpul banyak, kibas2kan pakaian anda pada si doi, dijamin doi bakal klepek2 ga berdaya,wakakakakak...(klepek2 ga bedaya gara2 bau bangkai,wakakakakak) eh, ini beneran loh, saya dikasi tau ndiri ama masternya!!!

4. jangan pake jaket ato cardigan, soalnya bau feromon anda akan tertahan dan ga bisa tercium luas, saya sarankan pake T-Shirt aja, soalnya tipis...

5. deketilah si doi sedeket mungkin, kalo bisa mepet2, biar bau feromon anda kecium ma dia.
nah, kususnya bagi Usy sapi dan atal yang jomblo, moga2 tips2 ini bermanfaat. never surrender girl!!!berusahalah!!!if there is a will, there is a way....



NB: posting ini adalah sebagian isi dari karya tulis proposal skripsi senior saya di SMAN2 Malang.(angkatan 2005) diambil pada tanggal 2 maret 2009, dari fakultas MIPA universitas negeri malang dengan seijin penulis dan lembaga yang terkait. anda dilarang meniru maupun mengambil beberapa maupun seluruh data yang tertulis tanpa izin dari pihak penulis atau/dan bagian pengajaran fakultas matematika dan IPA universitas negeri malang. ©copyright 2009 All rights reserved.



notice: saya memohon maaf sebesar2nya pada para pembaca setia blog ini. bukan maksud hati untuk melimitasi hak2 para pembaca, sebab dikarenakan pihak penulis sendiri menggunakan ide feromon ini sebagai skripsi, maka dengan hormat pembaca dilarang untuk mengkopi maupun menyebarluaskan atau mengembangkan secara mandiri tulisan ini tanpa seizin dari penulis dan Fakultas MIPA UM. Anda bebas membaca dan memberikan informasi kepada pihak lain tentang isi di postingan ini, tetapi dilarang untuk mengkopi dan mengembangkannya. Hormatilah karya orang lain, stop pembajakan!

6 komentar:

  1. okeh! Nasihat 2,3,n 4 adalah kebiasaan inyong, Wens! Udah kebiasaan, skrng jadi ngerti teorine. Wealah...manungsa! Soal tertarik and jatuh cintrong aja bisa diotak-atik!
    Lha, skrng, kok bisa, hanya dari chatting, telpun2an, emel2an, pesbok2an, lambat jadi jatuh cintrong. ada kasus lho! dari situ trus bisa jadian. itu napa ya? apa feromon bisa mrambat mbek kabel internet, tah?

    BalasHapus
  2. ga bisa bang, ya ntu kehendak SAng Maha Kuasa Kali yah????hehehehehe

    BalasHapus
  3. terimakasih buat nasihat nomer 5 om.semoga ussi tergerak hatinya buat beli parfum.ah yaaa bgt tuh nomer 2. aku ga begitu suka sm cowok berparfum. tp ga suka jg sm cowo berbau badan.ngahahaha..

    BalasHapus
  4. kok agak menusuuuk ya....


    hahah. hei, gw ada sanggahan sama feromon sebenernya. Tapi gw males njelasin, pokoknya feromon di binatang ama di manusia mungkin berbeda,ah-uh-oh lupaaa

    yosh! pertanyaan baguuuus Broeeeer... gw mau jawab tapi kok males ya *bilang aja gak bisa...duduudu*


    atal, gw benernya punya parfum, tapi make-nya kalo inget doank. Ingetnya palingan tiga kali seminggu.

    When, pas kita bertemu tempo hari *jah, bahasanyaaa* bukankah kau sempat mengendus semerbak wangi dari badankyuuu

    haha, tau gak, sebenernyaaa yaaa parfumnya Dinda tuh tumpah, merembes di tasnya, trus karena mubazir tasnya diusap-usapin ke badan sayah. Cerdaaaasss memang Mbak Ussi...

    BalasHapus
  5. wawawa
    harusnya judulnya how to get "jodoh"

    cocok ni buat ussi
    tapi tadi waktu dikelas koq tidak tercium aroma apapun dari badan mbk ussi yah...

    BalasHapus
  6. bleh, usssi ntu kalo pake minyak wangi kok baunya kayak abiz pake bensin yah?
    aqu pas nyium usi(cium baunya maksudnya!!!)langsung srenggg inget ama pertamax plus.baunya mirip banged deh!!maklum, saya kan maniak bensin.

    jadi menurut penerawangan sayah, bau feromon usi plus ditambah parfum samadengan pertamax pluss,wakakakakakakakakak

    BalasHapus