Jumat, 03 April 2009

MACAM2 Malcode

Macam Macam Malcode....

huuuaaaachhhhhh, akhirnya kembali lagi kesibukan gue. Dengan aktifnya kembali kegiatan2 BEM pra pemilu ini, tugas2 gue sebagai tenaga magang di BEM Bastra menumpuk kembali..... pun begitu saya tetep menyapa para pembaca setia blog ini....kali ini temanya ga berat koq, cuman menambah ilmu pengetahuan anda.


Seringkali kita selalu disbukkan oleh keganasan virus2 yang menjamah kompi tercinta kita. Entah itu lewad flashdisk temen, intenetan ga jelas, nerima email isinya viruses,dll....


dan selama ini kita selalu menyebut suatu program yang berisi perintah2 merusak registry windows kita, intinya program destruktif sebagai “virus”. Dan apakah anda tahu??? jika anda masih menganggap program tersebut sebagai “virus”, anda salah total, sekali lagi saya tekankan SALAH TOTAL!!!!.

sebutan yang cukup pas dari sebuah program perusak ialah “malcode”, atau “malicious code”. Kenapa kita tidak bisa menyebutnya sebagai “virus” saja???

pertama, kita ga bisa bedakan antara “virus biologis” dengan “virus computer”
kedua, tahukah anda, “virus computer” hanyalah salah satu varian dari program perusak komputer.

Masyarakat kita seringkali suka men”dewakan” suatu brand atau nama2 yang cukup kuat mengakar di masyarakat. Contohnya ialah Sepedamotor. Seringkali kita suka menamai “motor” dengan sebutan “honda”, ini terjadi di hampir semua kalangan masyarakat, terutama generasi tua. Padahal honda kan sebuah merk, bukan motor. Tapi masyarakat kita sudah “kadung” menamai motor dengan sebutan merk yg terkenal.
Begitujuga dengan “handycam”. Handycam ialah sebuah patented brand dari Sony.corp. Masyarakat kita suka menamai “camcorder” dengan sebutan “handycam”. Maklum... brand2 itulah yg pertamakali muncul di indonesia sebagai pionir di kelasnya, jadi masyarakat kita yg udah terkenal dengan “asal enak”nya suka menamai benda2 dgn merk2 pionir di kelasnya.

Begitujuga dengan malcode, virus ialah pionir atau varian pertama dari generasi perusak komputer. Sejak ditemukan di beredar di Indonesia pada tahun 1994, masyarakat kita sudah menamai malcode dgn sebutan “virus”.

Berikut saya jelaskan macam2 Malcode:

1.Virus.

Virus komputer ialah sebuah perintah ( biasanya berbasis visual basic ) yang ditujukan untuk menyerang registry windows. Registry windows bisa diibaratkan sebagai “penyalur” atau “connector” perintah otak (system32) kepada program2 administrator.
Sebenarnya cukup mudah untuk membuat virus. Cukup ketikkan “1001001000111000” di notepad lalu save dengan nama “virus.vbs” lalu run!!! seketika itu juga windows task manager anda akan “terdisable”. Padahal hanya terdiri dari angka2 doank, ternyata efeknya sangat luarbiasa!!!.
virus ialah generasi pertama dari malcode. Susunan heuristiknya sangat mudah disusun, maka dari itu seorang pemula pun dapat membuat virus. Virus pertama muncul sejak era DOS (sebelum windows ada), karena berbasis VBS(VBS ialah sebuah program yg bekerja dibawah DOS). Cara kerja virus hampir sama dengan cara kerja virus “biologis”.
Virus ga akan bisa bekerja tanpa sebuah “inang”. Jika virus biologis inangnya ialah sel2 tubuh kita, virus komputer inangnya ialah program2 komputer kita, biasanya suka menginfeksi registry2 windows atau program2 terinstall kita. Virus pada dasarnya tidak akan bekerja tanpa “campurtangan” manusia. Sebuah virus biasanya suka menempel pada file2 EXE. Sehingga jika kita mengeksekusi file exe. Tersebut, otomatis virus yg menempel didalamnya akan bekerja dan langsung menyebar dan menginfeksi program2 lainnya lewat system registry kita. Setiap program ato data yg kita buka, secara otomatis akan terinfeksi oleh virus2 tersebut, mirip dengan sistem “membelah diri” sel2 tubuh kita yg dimanfaatkan “virus biologis” untuk menginfeksi tubuh kita.
Intinya jika anda mendownload suatu file berekstensi exe.(biasanya aplikasi). Hati2lah!!! bisa saja ada virus yg menempel pada aplikasi itu, dan akan menyebar ke seluruh system anda...


2. Trojan Horse

sejarah dimulai pada masa romawi kuno dimana pasukan romawi (roman) ingin menguasai seluruh eropa, dan yg tersisa hanyalah bangsa “troyan”. (jika anda suda nonton film troy, anda pasti akan paham maksud saya). Romans sudah mengepung bangsa troyan selama 4 tahun, tetapi pertahanan troyan sangat kokoh, sehingga tidak dapat ditembus romawi. Tetapi romans tidak bergeming, mereka coba terus dan terus... sampe akhirnya setelah 10 tahun mengepung ga da hasilnya, romans menyerah dan cabs dari bangsa troyan. Tetapi sebelum meninggalkan troyan, romans membuat beberapa buah “kuda” yang sangat besar dari kayu sebagai tanda persahabatan dan “menyerah” kepada troyan. Lalu dengan tanpa curiga bangsa troyan mengira bahwa itu adalah sebuah”hadiah perpisahan” dari romans. Lalu mereka membawa masuk kuda2 besar tersebut kedalam kota dan memamerkan kuda buatan romawi tersebut kepada seluruh penduduk sebagai bentuk “penyerahan” romawi . Mereka lalu bermabuk2an di pesta “kemenangan” pada malam harinya, makan2 sampe tertidur, dan lengah.
Ternyata.... kuda trojan yg dikiranya sebuah “hadiah” ternyata adalah bencana, seluruh kuda2 besar kayu tersebut berisikan ratusan tentara romawi, meereka keluar dari kuda2 besar tersebut, lalu menyerang seluruh penduduk dan prajurit troyan yg tengah terlelap tidur akibat bermabuk2an. Spontan troyan kalangkabut dan akhirnya menyerah dalam hitungan jam. Sebuah kota yang benar2 terproteksi dengan sempurna sehingga tidak dapat ditembus, ternyata hancur akibat “human error” para penjaganya. Pasukan roman yg gagal menembus pertahanan troyan, tidak kurang akal, mereka menyisipkan pasukan di kuda2 kayu yg sangat2 besar tersebut, dan memperlihatkan seolah2 hadiah. Disaat troyan lengah, mereka deploy kuda2 tersebut dan menyerang penduduknya. Benar2 strategi yg huebad!!!!.
filosofi itulah yg ditiru malcode makers, anda seolah2 dimanja dengan berbagai macam hadiah yg akan didapatkan, tetapi alih2 hadiah, ternyata malah trojan horse yg didaapatkan.
Biasakan membuang email2 yg ga berguna, sebab ,mungkin isinya trojan horse. Begitu juga dengan popup2 di internet yg menyatakan “selamat anda pemenang ke 999.999.dst”, sebab isinya pasti trojan. Begitu anda mengklik iklan tersebut, trojan horse akan menginstallkan dirinya di komputer anda, dan hasilnya kerusakan parah system akan segera anda nikmati... (trojan horse tidak akan aktif jika anda tidak mengeksekusinya).



3. Worms


malcode ini ialah yg paling berbahaya!!!!ingat paling berbahaya!!!!karena apah??? berbeda dengan kedua malcode saudaranya yg telah disebutkan. Malcode ini adalah satu-satunya malcode yg ga perlu “campurtangan manusia” untuk penyebaran dan aktivasinya. Intinya worms ialah sebuah pengembangan dari “virus komputer”. Jika virus membutuhkan inang sebagai media infeksinya dan juga mebutuhkan manusia untuk menjalankanya, worms samasekali tidak butuh!!! begitu keluar dari pabrik, worms langsung menyebar lewad interned, lalu mendeteksi sebuah kompi yg lagi online, lalu masuk ke kompi tersebut dan menginfeksi seluruh sistemnya. Kekuatan worms sngatlah luarbiasa, dan saya tekankan hanya seseorang yg bergelar Ph.D komputer saja yg bisa membuatnya... pernahkah anda mengalami kemasukan virus yg tidak terdeteksi oleh antivirus anda dan tiba2 antivirus anda hilang???artinya worms telah meng”handle” antivirus anda, dan membuatnya tidak berkutik!!!worms ibarat seoarang perampok yg sangat ahli. Mereka bergerak leluasa di internet, bisa me”matikan” antivirus anda, menyebar lewat media removable seperti flashdisk, CD, dll. Pernah disebutkan di sebuah PC magazine, sebuah varian worm dapat menduplikasikan dirinya menjadi ribuan worm dalam hitungan 2 menit!!! dan setiap 2 menit selanjutnya juga akan men duplikasikan dirinya kembali...sangat2 luar biasa!!!worm tidak akan pernah permisi kepada pengguna kompi. Mereka tidak butuh manusia sebagai “penyebar”. Mereka bisa masuk ke flashdisk anda setiap anda mencolokkanya ke port usb kompi teman anda, lalu ketika anda mencolokkan ke kompi anda, tiba2 “Booomm” worm langsung bekerja tanpa disuruh... membebani memori dengan duplikasinya, lalu menginfeksi sistem anda tanpa ampun (dengan menghajar antivirus anda terlebih dahulu tentunya).
Biasakan meminimalisir penggunaan flashdisk...paling tidak, tidak menancapkan flashdisk teman anda lebih dari 1 menit... kita tidak pernah tahu apakah ada worm di flashdisk tersebut atau tidak...lebih baik jika anda membutuhkan files tersebut, segera transfer files dari flashdisk, lalu segera copot, begitujuga dengan presentasi. Jangan biasakan presentasi melalui flashdisk, segera copy ke harddisk anda.
Sebaiknya anda tahu, bahwa 67% malcode di dunia ialah varian worms ini...betapa kejamnya dunia....

inilah ringkasan tentang MALCODE:

1.virus. Hanya bisa bekerja lewat eksekusi manusia, menginfeksi file EXE. Berbasis vbs, populasinya menurun sejak 2005, mulai tergantikan oleh worms.
2.Trojan horse, serigala berbulu domba. Hati2 menerima email ato tawaran hadiah...
3.worms, dominator malcode masa kini. Pengembangan dari virus, bedanya tanpa menggunakan campurtangan manusia sebagai media penyebaran dan aktivasinya.

Nah kini anda tahu kan macam2 malcode??? ga hanya virus aja... virus ialah bagian dari malcode. Dan kini nampaknya sudah zamannya worms yg mendominasi...
tapi saya tetap gunain “virus” sebagai istilah malcode, hehehehe maklum...saya cinta indonesia!!!! bener ato salah, engkau tetap kubela...tanah airku....

setelah anda tahu tentang malcode, segera proteksi kompi anda!!!kususnya cewek yg hanya menjadi “pengguna” tapi ga pernah merawat apa yg dipunyainya!!!

gunakan antivirus yg uda punya nama... juga kolaborasikan antivirus lokal dengan antivirus impor, biar tingkat keamanan anda terjamin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar