Selasa, 07 April 2009

Air menghilangkan kegemukan?????


Air putih bisa sebagai penghilang kegemukan????


beneeraaan nih????

saya baru tahu hal ini ketika iseng2 minggu kemaren masuk ke ruang arsip dan multimedia perpustakaan universitas brawijaya. Minjem salah satu komputer, terus brosing

nyari jurnal2 online dari university of johns hopkins, colorado USA.


Awalnya sih biasa2 aja, cuman liat bagian fakultas sastra. Ga ada yg menarik...

terus ga tau napa tangan ini gatel banged pengen ngeklik Faculty Of Applied Science( kalo di indo biasanya FMIPA). Teruz.. kuaget banged melihat jurnal penelitian dari salah satu mahasiswa semester akhir(namanya dirahasiakan). Dia meneliti tentang relasi antara air putih dan kegemukan.



Dalam jurnal yang ditulisnya ia mengemukakan hasil penelitianyya bahwa air putih bisa “menseal” atau “menyegel” beberapa zat yang menyebabkan kegemukan pada tubuh seperti lemak dan karbohidrat.


Kita sudah tahu sebelumnya penyakit obesitas atau kegemukan bisa diakibatkan 2 hal;


  1. faktor genetik. Sebagian besar manusia yg tubuhnya tambun pasti keduaorangtuanya ato paling kagak kakek neneknya juga gendut, artinya faktor genetik juga berperan penting dalam pertumbuhan tubuh.jadi kalo ayahibu anda ato salahsatunya gemuk, pasti anda ikutan juga.

  2. Pola makan yang salah. Biasanya ini terjadi ketika memasuki masa pre-teens. Kebutuhan kalori kta lebih kecil dari yg kita “intake”, jadi kelebihan kalori tersebut(biasanya berupa lemak) disimpan dibawah kulit.


Okeh, balik ke topik utama...dia mengemukakan bahwa meminum banyak air putih sebelum makan dan setelahnya, akan menyegel sebanyak 60-70% karbo dan lemak yg terdapat dalam makanan tersebut, jadinya zat2 lemak dan karbo ga akan ikutan(minimal tereduksi) diserap oleh tubuh.

Agar efektif... ia menganjurkan kepada para penderita obesitas untuk meminum setidaknya 4-5 liter air setiap hari, dan makan malamnya diganti ama 1,5 liter air. Jadi kalo diitung kita dianjurkan meminum air sebanyak 3x botol aqua yg 1,5 literan.


Tapi ada aturanyya loh... sebelum makan minum air, ya minimal 500ml, abis makan minum lagi 500ml-1000ml. Truz nyemilnya diganti air 1,5 liter, makan malam diganti air 1,5 liter...


mampus2 deh jadi gentong air...ga kebayang ussi sapi ngikutin saran ini...

setiap dia jalan pasti bakalan keluar suara “kecipuk-kecipuk” akibat kebanyakan minum, wakakakakakak......


bedasarkan penelitian, ada beberapa zat yg apabila kita kelebihanyya, bakalan gemuk, yaitu:


  1. lemak. Ini semua pada tahu...

    Tuhan sebenernya sudah mmberikan kandungan lemak di setiap apa yg kita makan kecuali sayur2an, pokoknya dari hewani pasti ada kandungan lemaknya, termasuk krupuk pun ada kandungn lemaknya(dari minyak goreng). Kelebihan zat ini akan disimpan dalam bentuk timbunan lemak dibawah kulit.

  2. Gula. Ini juga berpotensi meningkaktkan body mass kita. Kalori yg berlebihan akan disalurkan ke timbunan lemak, sehingga gula bisa mempertebal lapisan lemak.

  3. Karbohidrat. Ini dari biji2an semacam jagung, padi, gandum,dll. Sama aja kayak lemak, kelebihan karbohidrat juga akan menambah body mass tubuh kita.


Lalu apa fungsinya air???

intinya si peneliti ingin mengkondisikan kita agar “mengkonsumsi” cadangan2 lemak di dalam tubuh kita. Dengan cara menghambat pasokan lemak dll agar tidak diserap tubuh kita. Disini air sangat berperan, ketika kita makan, air yg sudah kita minum sebelumnya akan “menetralkan” zat pencerna di lambung kita, sehingga makanan yg kita makan “hanya” akan dicerna secara mekanis saja oleh lambung, sehingga zat2 lemak, karbo, dan gula tidak akan(minimal terreduksi) diserap oleh tubuh.


Lalu disaat tubuh membutuhkan lemak utk energi, tubuh akan mengambilnya dari cadangan di tubuh kita. Sehingga perlahan tapi pasti tubuh kita akan “menyusut”.


Jadi intinya:


minum air ketika...

  1. sebelum makan

  2. setelah makan

  3. pengganti nyemil

  4. pengganti makan malam.


Saya jadi inget nandacong (www.nandacong.blogspot.com) yg berhasil kehilangan berat tubuhnya akibat kebanyakan minum...

jadi teori ini sudah terbukti berhasil...


wokey... bagi anda yg ingin diet, ga usah susah2 mengatur porsi makanan, makan sebanyak yg anda suka tapi inget minum sebelum dan sesudahnya.


Buat usi sapi... bisa anda praktekkan.... ga susah kog, mengingat kamu itu sangat2 malez, cara ini cukup mudah.






4 komentar:

  1. aduh wen....hurup, hurup! Kok cilik2 ki...mataku sampe metoto metu!

    BalasHapus
  2. Bagus Postingannya...
    cuman sayang tulisannya KECIL BANGET....

    http://febriand.wordpress.com <<-- Blog Aneh

    BalasHapus
  3. bagus postingannya.

    Bagus mukelooo....itu jelas2 banget menyindir sayaa...

    hiks. Aer ya...Setengah galon sehari ya? Berarti kira2 3 galon seminggu. Jadinya 7.500 rupiah. Ahha, murah juga. Tapi, maless.

    Beli galon kan berat.

    Saya hendak menjalani detoks-diet, nak When. Googling-lah jika ingin tahu apa ituuuu detoks-diet.


    tulisannya kecil bangeeeet, tegaaaa. kasihan Broer yang sudah tua sedikit renta...

    BalasHapus
  4. Wele..Wele.. Postingannya maknyoss, muantep euy..

    BalasHapus